اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ Selamat datang di blog putry Terima kasih sudah berkunjung

Friday, March 25, 2016

Jumlah kitab yang di turunkan kepada para nabi

                                                                                                                    بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

                                                                                                               لسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُl

Pada artikel kali ini Putri akan membahas tentang kitab-kitab yg di turunkan kepada para Nabi.

Di dalam suatu riwayat ada 104 kitab yang telah di turunkan oleh Allah S.W.T kepada para utusan nya, yaitu sebagai berikut.

1) 10 kitab diturunkan kepada syafiyullah Adam as.
2) 50 kitab diturunkan kepada Nabi syits bin Adam. Maka "syits" adalah Pemberian Allah. Dia hidup selama 712 tahun.
3) 30 kitab diturunkan kepada Nabi idris a.s. Nabi idris a.s adalah orang pertama yang membuat senjata pedang dan memerangi orang kafir.
4) 10 kitab diturunkan kepada Nabi Ibrahim a.s
5)Allah menurunkan kitab Injil seluruhnya kepada Nabi Isa a.s
6) Allah menurunkan kitab Taurat keseluruhan kepada Nabi Musa bin iman a.s. Injil dan Taurat itu bahasa ibrani. Disebut Taurat karena kita itu terdapat nur, lantaran nur itu seseorang dapat keluar dari kesesatan, sebagaimana orang yang keluar dari kegelapan kepada yang tenang.
7) Allah menurunkan kitab Zabur kepada Nabi dawut bin isya a.s. Beliau adalah pengikut Nabi Musa a.s. Sesudahnya terpaut beberapa tahun.
8) Allah menurunkan kitab Al Qur’an secara berangsur-angsur dan terpisah-pisah Selama 23 tahun setelah ditulis dalam suhuf. Dan Allah menurunkan nya sekaligus di malam Al Qadar dibaitul ialah, yaitu suatu tempat di langit dunia.

Al Qur’an juga disebut Furqan. Karena ia membedakan antara yang hak(benar)  dan yang batil(salah). Juga karena Al Qur’an diturunkan berangsur-angsur dan terpisah-pisah Selama beberapa tahun. Disebut Al Qur’an karena ia menempati kedudukan kitab Taurat, Injil dan Zabur di dalam hal banyaknya dbaca.

Allah menurunkan Al Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW yang terpilih. Beliau adalah putra sayid Abdullah bin abdul muthalib bin hasyim bin abdi manaf bin Qushay bin kilab bin ka'ab bin lu'ayi bin ghalib bin fihr bin malik bin mudlar bin nizar bin ma'ad bin Adnan dari putra ismail bin Ibrahim a.s.

Uda bin ka'ab meriwayatkan bahwa ia bertanya kepada Rasulullah SAW : "berapakah kitab yang diturunkan oleh Allah S.W.T?" Rasulullah SAW bersabda :"seratus empat kitab". Sepuluh suhuf pada Adam, 50 suhuf kepada syits, 30 sahifah kepada idris, 10 sahifah kepada Ibrahim dan kitab Taurat, Injil, Zabur serta Al Furqan(Al Qur’an).

Demikianlah sebagaimana disebutkan oleh as-syarbini dalam tafsirnya. Yang benar kitab-kitab itu tidak ada bilangan tertentu karena banyaknya perbedaan riwayat. Kita wajib mempercayai dan mengetahui empat kitab yang diturunkan Allah Swt yaitu Taurat, Injil, Zabur, dan Al Qur’an..
Demikianlah artikel ini Putri tulis... Semoga bermanfaat buat para pembaca.. .

                                                                                                            وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html